Sabtu, 21 Juli 2012

Trik dalam berbisnis dan sisi lainnya

Kita akhir-akhir ini sering mendengar kata-kata bahwa "Lebih baik jadi pebisnis daripada hanya jadi seorang karyawan / pegawai". Nah, kata-kata itu tidak sepenuhnya salah, juga tidak bisa kita anggap benar 100%, mengapa? Ya karena setiap orang memiliki penilaian tersendiri dalam memandang suatu hal.




Namun, yang akan saya share kali ini bukanlah mengenai "apakah kita harus jadi pebisnis apa nggak?". Melainkan tentang trik-trik yang biasa digunakan para pebisnis agar produk yang mereka tawarkan bisa banyak terjual. Tapi, dalam kenyataannya, trik-trik tersebut lebih cenderung seperti menipu para calon konsumen daripada trik bagaimana meningkatkan kualitas produk ataupun strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi pasar sekarang agar produknya bisa "SOLD OUT".

Nah, saya ada sedikit gambaran mengenai itu, berupa cersapen (cerita sangat pendek) ahahaha.....

Pada suatu hari si Roblank jalan-jalan untuk mengusir rasa suntuknya, ketika ditengah jalan ia melihat ada seorang sales obat tradisional di trotoar jalan yang mengklaim bahwa obat yang dijualnya itu mampu menyembuhkan 1000 macam penyakit (pasti sudah sering denger nih). Bisa digunakan oleh Pria-Wanita, Tua-Muda, Manusia maupun Hewan. Nah kebetulan si Mboot (kucing peliharaannya) sedang menderita penyakit aneh, bahkan saking anehnya tidak nampak kalau si Mboot sedang sakit. Setelah merasa yakin dengan apa yang diucapkan si sales, Roblank pun akhirnya membeli obat tersebut.

Setelah beberapa hari, Roblank kembali ke sales obat tersebut. "Mas, katanya obat ini bisa menyembuhkan 1000 macam penyakit? Kok kucing saya gak sembuh-sembuh tuh?".

Sales itu dengan santai bak anak pantai berkata, "Oalah, mungkin penyakit kucingmu itu termasuk penyakit yang ke-1001."

Tuh khan.... gimana? Terkadang kejadian tersebut juga terjadi pada kalian khan? Walau dengan konteks yang berbeda tentunya. Tapi tenang, meski begitu ternyata masih ada yang jujur kok :)
Termasuk teman-temanku yang sekarang sedang berkecimpung dalam dunia bisnis online. Mungkin lain kali saya akan ceritakan tentang mereka.

Jadi, sebelum mengambil keputusan, hendaknya dipikir masak-masak lebih dulu, jangan lantas percaya saja terhadap lingkungan sekitar yang mempengaruhi. Dan yakin lah kepada keputusan yang kau buat, dan yang terpenting, JANGAN PERNAH MENYESALI KEPUTUSAN YANG KAU BUAT !!!! Ambil hikmahnya saja kawan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar